Selasa, 26 April 2011

Secolek Fakta Vampir

Bermula dari cap merah dileher, diledek yang nggak² oleh temen sekantor. Kenyataannya cap merah ini sepertinya kena cairan binatang yang mirip kepik dan lumayan panas. Menyisakan bercak merah. tapi lebih mirip seperti gigitan vampir. jadi jawaban simpel saya kalau diledek temen, "ini bekas gigitan vampir". *garing*... jadi kenapa nggak membahas sedikit mengenai vampir, lebih ke fakta mengenai mahluk jadi²an yang populer di belahan dunia sana.





Vampir, umumnya selalu dikaitkan dengan kelelawar, naga atau wanita cantik. Kata Vampir sendiri diyakini berasal dari vampir Hongaria yakni penyihir atau upior Turki yang juga memiliki makna penyihir atau dari nosophorus Yunani yang memiliki makna pembawa wabah. Orang² yang hidup dengan legenda vampir, memiliki cara yang umum untuk melindungi mereka, beda dengan yang selama ini kita kenal, bawang putih. mereka meletakkan biji sawi di ambang pintu atau menggantung jaring ikan di jendela mereka. maksudnya biar gak masuk karena vampir sibuk menghitung biji atau lubang di jaring ikan itu sampai matahari terbit. Pada zaman kuno di Eropa beda lagi, monumen batu yang biasa disebut Dolmen dibangun di atas kuburan untuk menghentikan vampir datang kembali.

Mereka percaya, Vampir tidak selalu mati, mereka adalah orang-orang hidup menderita jenis penyakit. Penyakit ini disebut porfiria atau dengan kata umum sebagai "penyakit vampir" atau "penyakit Dracula". Gejala umum penyakit ini adalah rasa tidak nyaman di bawah sinar matahari atau bulu dalam jumlah besar di seluruh tubuh. Dalam kasus yang parah pasien mungkin memiliki noda coklat kemerahan pada gigi dan akhirnya gila. gangguan kesehatan ini umumnya, dikenal sebagai haematodipsia, hemeralopia atau sensitif terhadap sinar matahari disebut juga sebagai kebutaan.

Vampir lumayan populer, hingga ke negara kita yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan legenda ini. Banyak sekali dari yang ece' ece' sampe yang elegan. Para vampir yang ngetop ada Count Dracula, Vampir Muppet dll.  kalo Countess Elizabeth Bathory, ini vampir yang dikenal karena keindahan dan daya tariknya. Vampir memiliki rasa yang berbeda dan kebiasaan. Mereka menyukai darah, kulit, daging, kuku dan tulang. Beberapa tumbuh rambut putih, penampilan berubah dan bahkan bisa terbang.

Sebelum kekristenan berkembang, lonceng, bawang putih,, besi, biji, sekop, pohon Rowan, cabang hawthorn, garam, peppermint, dll digunakan untuk mengusir vampir pergi, tapi setelah kedatangan agama Kristen, pengusir vampir termasuk air suci, salib dan Ekaristi.

Sastra dalam bentuk cerita rakyat, cerita pendek, komik tentang putri duyung semua berkaitan tentang vampir termasuk dalam film dan serial tv. lebih lanjut tentang vampir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar